loading...

Sistem Operasi Smartphone Selain Android dan IOS

Seperti yang kita ketahui penguasa pangsa pasar smartphone saat ini adalah android dan IOS. 2 sistem operasi ini sudah menguasai sejak beberapa tahun belakang bahkan ketika tahun 2014, Google melaporkan terdapat lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan Android, meningkat dari 583 juta pada bulan Juni 2013. Fantastis bukan?
Riset yang dilakukan NetMarketShare. Berdasarkan data mereka hingga akhir Desember 2017, Android memiliki market share sebesar 68,39%. Di peringkat kedua terdapat iOS. Sistem operasi besutan Apple ini punya pangsa pasar sebesar 30,56%.

Tapi yang menarik di bahas adalah bukan kesuksesan 2 os tersebut melainkan apakah ada os lain selain android milik google dan ios kepunyaan apple? jawabannya ada. yuk simak artikel blog yongkiadi Sistem Operasi Smartphone Selain Android dan IOS.

1. Symbian
Sempat merajai pasar smartphone dimasa kejayaan nya bersama-sama dengan nokia di tahun 2000an. OS ini kini sudah hilang ditelan jaman, bagi anda yang pernah menggunakan Ngage, Ngage QD, Nokia 6600, Nokia seri N, Nokia Express Music. Bahkan ditahun 2010an ketika pertama kali aplikasi Chat WA merilis aplikasi nya dalam bentuk symbian saya sudah menggunakan aplikasi WA ini di Nokia Express Music. Lantas kenapa os ini hilang? dimulai ketika era Android dan IOS muncul dan memberikan sentuhan berbeda dari symbian. Dulu yang pernah pakai symbian pasti tau masalah utamanya adalah VIRUS :D yang kedua yang tidak kalah menarik adalah kisah ngototnya nokia tetap menggunakan os symbian sedangkan saat itu google sudah merilis os android yang langsung di gandeng oleh samsung, dimana kala itu samsung adalah pesaing berat nokia. Celakanya Nokia yang kala itu di bawah naungan CEO Stephen Elop pada tahun 2010 menjatuhkan pilihan pada OS windows Mobile padahal banyak kalangan menilai OS Windows Mobile penjualannya tidak lebih baik dari Symbian.

2. Blackberry OS
Yang paling fenomenal adalah kemunculan Blackberry OS di dunia. Dengan aplikasi chat BBM nya turut andil dalam menumbangkan perjuangan Symbian dan Nokia kala itu. Kalau anda hanya tau Blackberry itu OS yang baru muncul anda salah karena Blackberry sudah ada sejak tahun 1999 kala itu bukan dalam bentuk OS dan smartphone melainkan dalam bentuk pager yang bisa komunikasi 2 arah layaknya mengirim dan menerima SMS.Pada tahun 1999 itu dikenallah blackberry 850 dan bisa dikatakan pager paling canggih dimasanya karena pager pada waktu itu hanya 1 arah yaitu menerima pesan. Barulah pada tahun 2002 RIM BlackBerry merilis handset pertamanya yang mendukung jaringan GSM dan GPRS, BlackBerry 5810. Kemudian di tahun 2004 pijakan BlackBerry semakin mantap dengan ditambahkannya aplikasi kirim pesan tanpa pulsa, BlackBerry Mesengger (BBM). Aplikasi ini hadir secara eksklusif pada ponsel tersebut, menjadi BlackBerry makin diminati. Sukses besar diraih ketika RIM melahirkan BlackBerry seri Curve, Pearl, hingga Bold untuk segmen konsumen menengah ke atas. Dengan OS buatan sendiri, BlackBerry menjadi salah satu ponsel semi komputer pertama. Tak hanya itu, kepemilikan ponsel jenis ini bahkan juga dikaitkan dengan prestige yang tinggi. Tapi itu tidak berlangsung lama karena permasalahan utama OS ini adalah sering hang dan cepat panas, spesifikasi monoton dan harga yang sangat tinggi. Ditambah lagi dengan kehadiran WA dan line ditahun 2010  yang mampu menarik perhatian pengguna smartphone membuat OS ini banyak ditinggalkan oleh penggunanya. yang tidak kalah menarik kala itu adalah keputusan lintas flatform yang dilakukan blackberry BBM muncul di android ada 2 pesan yang saya lihat dengan keputusan tersebut yang pertama blackberry mulai mengakui kehebatan OS android dan yang kedua ingin menurunkan image KEMAHALAN tersebut. tetapi kebijakan tersebut bukan memperbaiki keadaan malah semakin parah yang berdampak pada saham blackberry anjlok dan kala itu PKH besar-besaran mencapai 4.500 karyawan. Sekarang tidak lama lagi mungkin kita akan mendengar berita resmi kehancuran dari RIM dan OS blackberry. Yang paling menggelitik saya kala itu tahun 2015an teman saya baru membeli hp bb q10 yang harganya fantastis. 1 tahun kemudian dia berniat menjual dan dihargai 1jt saja. si punya toko mengatakan hp bb ini jatuh karena q10 sudah bisa di "ping" sama hp mito.... hahahahaha.

3. Windows Phone
Bagi anda yang pernah menggunakan Pocket PC di tahun 2003/4. Itulah windows phone diluncurkan untuk kalangan pebisnis. Saya sendiri pernah menggunakan Pocket PC di tahun 2010an hasil dari blog ini. :D
Sempat eksis tapi tidak dalam waktu lama windows phone juga sempat menguasai pangsa pasar tapi lagi-lagi berhasil dikalahkan android dan ios, bahkan Nokia yang waktu itu menggadang gadang akan berhasil dengan OS ini pun ikut hancur. Dengan pengguna yang hanya 3 % kebawah kala itu yang membuat OS ini sulit untuk meruntuhkan dominasi adalah ketersedian aplikasi di windows mobile, tidak open source dan tidak mendukung market place dari pihak ketiga dan celakanya lagi aplikasi nya kebanyakan berbayar. Ini juga yang mendorong saya lekas untuk menjual pocket pc saya. :D

4. Samsung Bada
Ketika Android muncul memang tidak secanggih sekarang saya pernah menggunakan android 1.5 cupcake, kemudian eclair, froyo dan gingerbread dan harganya tidak murah kala itu. semua nya masih belum secanggih sekarang. Samsung melihati itu dan mulai mengembangkan OS sendiri yang dinamakan dengan OS samsung Bada dan dirilis tahun 2010 saya sendiri tidak pernah menggunakan jenis OS ini tapi dari beberapa sumber yang saya himpun OS ini juga berhasil memikat jutaan pengguna smartphone di dunia. Tapi tahun 2014 OS ini resmi di tutup dan tidak dikembangkan lagi, karena ketatnya persaingan smartphone yang kala itu sudah di kuasai android dan IOS, dan kemudian samsung merubah arah dan menggandeng OS besutan google tersebut.

5. Firefox OS
Tahun 2014an kita pernah dikejutkan dengan berita Firefox yang dikenal saat itu merupakan produsen web browser merilis OS yang dinamai dengan firefox OS. Berniat meruntuhkan dinasti Android tapi sayang niat ini tidak di dukung geliat pasar yang masih enggan melepas android. Membuat OS ini tidak bertahan lama dan dinyatakan tidak dikembangkan lagi oleh pihak Firefox Inc.

Mungkin sekian artikel blog ini mengenai "Sistem Operasi Smartphone Selain Android dan IOS". Pelajaran yang dapat kita ambil adalah "tidak ada yang abadi" sekuat-kuatnya android dan IOS mungkin dibeberapa tahun kedepan ada perusahaan yang bisa mengembangkan OS yang lebih friendly dari 2 os penguasa pasar saat ini. 
/*iklan disini ya*/
0 Komentar untuk "Sistem Operasi Smartphone Selain Android dan IOS"

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top