loading...

Pesona Puruk Sandukui

Lama rasanya blog ini tidak memposting berita mengenai pesona dan wisata alam daerah kalimantan tengah. Kali ini blog yongkiadi memposting tentang puruk sandukui. Betul tidak banyak yang tau kalau kalimantan tengah memiliki tempat wisata yang eksostis yang memang belum di jamah oleh tangan manusia.


Puruk Sandukui atau dalam bahasa indonesianya adalah bukit telunjuk terletak di Desa Harowu (Desa paling ujung di Kabupaten Gunung Mas, dibawah kaki pegununggan Muller) Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,  Tebing Puruk Sandukui memiliki ketinggian sekitar 400 meter.

Di kawasan ini merupakan kawasan adat dan memiliki nilai history (budaya) yang sampai saat ini masih dijalankan oleh masyarakatnya suku dayak. Disini hidup suku dayak keturunan Ot-Danum (suku hulu sungai) dan suku dayak kahayan (dayak ngaju) penduduknya masih menganut Kaharingan, Islam, dan Kristen.

Untuk menjangkau daerah ini anda harus memulai dari ibu kota kalimantan tengah yaitu Palangka Raya menuju Kuala Kurun Ibukota Kabupaten Gunung Mas Sampai disini anda masih bisa menggunakan transportasi roda 4 karena akses jalan sudah beraspal. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Tumbang Napoi dan dilanjutkan menuju desa Harowu. Yang menarik adalah perjalanan menuju Puruk Sandukui itu sendiri karena akan berganti ganti transportasi ada beberapa titik yang tidak bisa kita lalui menggunakan transportasi darat. Ada yang tertarik untuk mengeksplorasi daerah saya ini? :D



 
/*iklan disini ya*/
0 Komentar untuk "Pesona Puruk Sandukui"

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top