loading...

Kelakai Tumbuhan Paku Khas Kalimantan Tengah

Kali ini blog yongki adi mau mengajak kawan-kawan melihat dan mengenal tumbuhan yang hidup di daerah kalimantan tengah. Ya tumbuhan lokal khas kalimantan tengah karena tentu saja di daerah jawa ataupun sumatra serta papu tidak akan ada tumbuhan ini. Karena hanya tumbuh di hutan liar yang berawa-rawa praktis saya tidak pernah tau kalau ada yang bisa mengembang biakkan tumbuhan paku khas kalimantan ini. :)

Sedikit mengenai Kelakai--nama lokal di Kalimantan Tengah--merupakan tumbuhan paku yang tumbuh di hutan hujan tropis. Stenochlaena palustris atau kalakai merupakan jenis paku-pakuan yang banyak ditemukan dihutan kalimantan. Tumbuhan ini hidup merambat dengan panjang hingga 5-10 cm. Kalakai ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna hijau, berakar serabut dan batangnya berwarna hijau berlendir, keras dan beruas, tangkainya panjang dengan daun yang saling berhadapan dengan bentuk memanjang dan di sisi-sisinya bergerigi. Potensi : yang berwarna merah sangat potensi untuk mengatasi anemia (kekurangan zat besi), merangsang produksi ASI dan juga bermanfaat untuk menambah stamina pria. Kalakai biasa diolah menjadi sayur (sayur bening, dioseng), juga bisa diolah dalam bentuk kapsul,caranya dengan menjemur kalakai hingga kering lalu menghaluskannya dan mengemasnya kedalam kapsul.

Hingga saat ini pun kelakai sudah mulai familiar dan dapat menjadi oleh-oleh anda yang berkunjung ke kalimantan tengah karena sekarang banyak sekali para industri rumahan mengolahnya dalam bentuk kripik. Bahkan konon katanya sudah ada mahasiswa yang melakukan penilitian mengenai keripik kelakai. :)

0 Komentar untuk "Kelakai Tumbuhan Paku Khas Kalimantan Tengah"

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top