Terbaik

loading...

Tutorial Membuat Toko Online Menggunakan Joomla

Tutorial Membuat Toko Online Menggunakan Joomla
Lama rasanya blog yongki adi tidak memberikan tutorial mengenai artikel joomla. Nah pada kesempatan kali ini blog ini mau berikan cara membuat toko online menggunakan joomla. Kalau dulu kita tahu untuk membuat toko online kita pasti menggunakan cms oscommerce atau prestashop nah sekarang joomla juga bisa asal mau sedikit berkreasi saja teman-teman. Nah buat kalian yang mau mencoba yongki adi punya tutorial nya kok.
Tutorial Cara Membuat Toko Online Menggunakan Joomla
1. Install joomla nya dulu teman-teman kalau belum ada silahkan download disitus resminya joomla, dan install cara instal pernah saya buat disini.
2. Download plugin tambahan untuk joomla di virtuemart.net jika sudah kalian download sekarang login kehalaman administratornya. 
3. Sebelumnya cari dulu file virtuemart yang kalian download tadi kemudian ekstarak file nya nanti akan muncul 2 file baru dalam bentuk zip file yang akan kita gunakan adalah com_virtuemart.2.0.26a.zip
4. Pilih menu exstension > extension manager. Kemudian pada upload package file klik choose file cari file virtuemart dengan nama file com_virtuemart.2.0.26a.zip. kemudian pilih upload dan install.
5. Proses sedikit lama 2menit jadi harap bersabar, nah jika sudah selesai akan mucul pada joomla anda "The Installation was SUCCESSFUL" untuk memudahkan teman-teman install juga dulu sampel data tujuannya agar memudahkan teman-teman mempelajari struktur virtuemart. caranya cukup tekan tombol install sample data dan tunggu beberapa saat. dan jika sample data telah terinstall maka anda akan dibawa kehalaman admin dimana virtuemart berada. Dimana teman-teman dapat melakukan maintenance toko online teman-teman.
6. Proses masih panjang teman-teman sampai disini untuk berikutnya kita harus menginstall fitur lengkap dari virtuemart, seperti yang saya sebutkan tadi dilangkah 3 ada 2 file baru nah satu file tersebut adalah installer untuk component virtuemart yang satunya adalah fitur lengkap dari virtuemart itu sendiri, jadi sekarang kita kembali lagi kehalaman admin joomla klik lagi menu exstension > extension manager. Kemudian pada upload package file klik choose file cari file virtuemart bernama com_virtuemart.2.0.26a_ext_aio.zip. kemudian pilih upload dan install. Tunggu beberapa saat, nah jika sudah selesai akan mucul pada joomla anda "Installing component was SUCCESSFUL". Secara keseluruhan joomla teman-teman sudah berubah menjadi toko online hanya perlu beberapa pengaturan.
7. untuk pengaturan itu kembali kehalaman admin joomla klik menu exstension > module manager dan unpublish module yang teman-teman rasa tidak dibutuhkan. caranya cukup klik saja tanda centang hijau maka akan berubah menjadi silang merah. silang merah artinya unpublish.
8. selanjutnya lihat halaman home joomla teman-teman pasti belum berubah menjadi toko online itu dikarenakan virtuemart yang kita install belum kita rubah menjadi main display pada halaman home. Nah, caranya kembali lagi kehalaman admin joomla klik menu menus > menu manager select baris home kemudian klik edit.
9. Kemudian klik pada menu item type. Akan tampil sebuah popup berisi tampilan menu yang bisa anda jadikan sebagai display pada halaman home. pilih virtuemart front page posisi nya paling bawah teman-teman. kemudian save dan selesai... sekarang joomla teman-teman sudah berubah menjadi toko online. :)

Untuk percobaan membuat toko online menggunakan joomla dan virtuemart ini yongki adi menggunakan joomla 2.5.16 :)

Untuk settingan virtuemart silahkan pilih menu component dan klik menu virtuemart. Nah untuk masalah settingan akan yongki adi bahas dilain waktu ya karena panjang ceritanya jika membahas disini. Nah sekian artikel blog yongki adi mengenai Tutorial Membuat Toko Online Menggunakan Joomla dan Konfigurasinya :)
3 Komentar untuk "Tutorial Membuat Toko Online Menggunakan Joomla"

Ternyata Joomla bisa untuk toko online juga, nice info dan tutorial gan :D

boz, nanya nh. saya masih newbie soal website juga virtuemart.. misal saya sudah instal joomla di hosting juga sdah instal virtuemart, kira-kira apakah perlu template tambahan lagi atau pke bawaan joomla sja atau dlm virtuemart tersebut sdah include template sehingga tdk perlu template tambahan yang mendukung toko online? thenkyu sebelumnya...

sbb gan, wah tergantung sih kalo ada template sendiri bisa kok diganti di admin panel nya gan... :)

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top