Terbaik

loading...

Mengamankan Joomla Dari serangan Hacker

Joomla Merupakan salah satu CMS yang sangat populer saat ini. Tapi dibalik itu semua hingga sampai saat ini website yang paling banyak berjatuhan adalah CMS Joomla (fakta). Memang tak dapat dipungkiri  penggunaan CMS jaman sekarang cukup mudah hanya dengan beberapa klik website sudah selesai dan beres. Tapi banyak yang lupa suatu kemudahan merupakan malapetaka untuk mengundang hacker, bagi yang sudah tau seluk beluk CMS mereka akan dengan segera menutup lubang tersebut. Tapi pengguna Awam bagaimana??? sudah kah anda melakukan hal tersebut :)

Kalo belum Yok simak artikel yang yongki adi publish mengenai "Mengamankan Joomla Dari Serangan Hacker".

Artikel kali ini simpe cara lama yang bisa digunakan yaitu menyembunyikan Halaman Administrator Joomla. Banyak yang lupa bahwa sebuah website Joomla dapat dikenali dengan mudah dengan mengetikkan "administrator" pada akhir URL, selain itu struktur URL defaultnya pun sangat mudah dikenali. Untuk itu, kita perlu merubah baik dari komposisi URL maupun halaman login administrator Joomla yang sangat mudah dikenali. Untuk melakukan hal ini sebenarnya mudah kok dapat kita lakukan tanpa menggunakan modul/plugin tambahan. tapi untuk merename folder administrator tersebut harus dari awal ketika joomla terinstall. Nah bagaimana dengan yang sudah terinstall lama... Jangan Khawatir yongki punya solusinya :)

Disini kita hanya perlu sebuah plugins Joomla yang bernama JSecure yang dapat kawan-kawan download di link berikut http://extensions.joomla.org/extensions/access-a-security/site-security/login-protection/12254 Sedikit mengenai  JSecure yang saya dapatkan dari situs resmi Jsecure berfungsi layaknya inisialisasi autentifikasi pada cpanel hosting maupun halaman admin OsCommerce. Plug ins ini akan mengalihkan/redirect halaman administrator ke URL kunci yang kita setting pada Plug Ins parameter. Bila URL kunci ini tidak lengkap (semisal hanya mengetikan "domain.com/administrator") maka system JSecure akan mengalihkan URL tadi ke URL yang telah kita set sebagai URL tujuan. Perlu diingat bahwa URL kunci adalah URL yang dipakai oleh system untuk membuka folder administrator jadi URL.

Langkah-Langkah :
1. Download JSecure di link berikut http://extensions.joomla.org/extensions/access-a-security/site-security/login-protection/12254
2. Pilih menu extension, kemudian pilih lagi install/uninstall.
3. Nanti anda akan dibawa halaman menu install/uninstall, langsung klik tombol choose cari dimana kalian menyimpan component yang baru saja kalian download tadi. jika sudah ditemukan klik tombol upload & install yang berada disebelah tombol choose.
4. Jika upload tadi berhasil maka akan muncul pesan "Install Success".
5. Buka plugin yang kalian install di joomla tadi. Lakukan settingan masukkan key sesuai keinginan kawan-kawan terserah apa saja. contoh saya menggunakan nama yongki adi pada key nya (ingat case sensitif). jadi URLnya menjadi localhost/joomla/administrator?yongki adi. Bila key tersebut tidak ditambahakan maka system Joomla akan mengembalikan/redirect halaman administrator tersebut ke Halaman Index/FrontPage.

Gimana mudahkan cara mengamankan joomla dari serangan hacker... Tapi mesti diingat anda sudah menggunakan JSecure belum tentu aman, karena yang namanya hacker punya 1001 cara untuk menjebol website CMS Joomla Anda... Salah Ter-Dahsyat :)
2 Komentar untuk "Mengamankan Joomla Dari serangan Hacker "

web saya dua kali photo nya hilang, tapi yang lain tidak ada berubah. apa ini akibat ulah hacker soalnya saya tidak merasa menghapus photo tersebut.

makasih atas tutorialnya..

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top