Terbaik

loading...

Apa Itu Asuransi

Banyak yang masih beranggapan bahwa asuransi itu haram? asuransi itu ribet claimnya? asuransi itu gak baik? asuransi itu cuman buang-buang uang? asuransi itu jual jiwa? dan lain sebagainya. OK, kali ini manusia biasa ajak teman2 melihat apa itu asuransi konsep dan porsi asuransi dalam kehidupan kita.

Asuransi menurut wikipedia adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Sedangkan konsepnya asuransi itu GOTONG ROYONG, ya betul gotong royong.

singkatnya ada satu PESERTA asuransi yang terkena RESIKO maka PESERTA asuransi yang lain ikut nyumbang. semua perusahaan ASURANSI konsep singkatnya seperti itu. Nah, kita liat lagi dimana porsi asuransi dalam sebuah keluarga. OK kita liat dan simak baik-baik...

ada seorang nasabah bernama PAK ADI berusia 33tahun mempunyai seorang ISTRI bernama YEYEN berusia 33tahun juga dan 2 orang anak yg hidup bahagia dan sejahtera. PAK ADI bekerja disebuah perusahaan swasta dengan penghasilan 10jt/bulan dan ISTRI hanya ibu rumah tangga anak PAK ADI yg pertama DONI berumur 17taun dan yg kedua DONA berumur 12 tahun. Suatu hari PAK ADI bertemu seorang AGEN ASURANSI, singkat kata PAK ADI membeli sebuah polis ASURANSI dengan premi perbulan sebesar 2jt saat polis berjalan 6bulan PAK ADI mengalami kecelakaan dan meninggal dunia.dan uang pertanggungan PAK ADI yang sebesar (asumsi) 250jt diberikan ke ahli waris yaitu IBU YEYEN, sang IBU sadar kl dia hanya sebagai ibu rumah tangga tidak punya ide bagaimana mengelola uang 250jt itu secara benar, maka dimintanya lah ide dari sang agent asuransi tempo hari. tau apa jawaban sang agent??? BETUL, sang agen mengarahkan si IBU YEYEN tadi untuk mendepositokan sebagian uang sebesar 200jt ke sebuah Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan perhitungan nya :

Deposito 1 bulan 7,42%
Deposito 3 bulan 7,88%

Deposito 6 bulan 8,39%

sisanya yng 50jt untuk kebutuhan sandang pangan dan papan serta kebutuhan pendidikan kedua orang anak nya. Nah setelah nya 6 bln kemudian si IBU YEYEN bisa memakai semua uangnya atau setengahnya saja untuk berbisnis. 

teman-teman itu hanyalah sebuah ilustrasi bagimana porsi sebuah asuransi dalam sebuah keluarga, betul asuransi tidak bisa menggantikan kasih sayang seorang suami kepada seorang istri dan betul juga asuransi tidak bisa menggantikan kasih sayang seorang ayah kepada anak, tapi anak dan istri tersebut harus melanjutkan kehidupan. KECUALI anda mau meninggalkan istri anda dalam keadaan tidak semestinya dan menjadikannya JANDA MISKIN yg harus menghidupi kedua orang anaknya. Teman-teman disaat itulah pentingnya sebuah asuransi dan ini lah jawaban kenapa pemerintah ditahun 2014 mewajibkan semua warganya WAJIB ASURANSI. Dan ini lah jawaban kenapa ketika jepang diguncang tsunami yg luar biasa dahsyat tapi sebegitu cepat juga mereka bangkit kembali membangun perekonomian mereka??? Jawabannya tetap karena NEGARA JEPANG adalah negarea MAJU yg memandang asuransi adalah sebuah keharusan setelah kebutuhan pokok mereka terpenuhi :D semoga ini bisa menjadi pembelajaran kawan2 mengenai asuransi :D salam hangat ter-dahsyat :)
Tag : asuransi
0 Komentar untuk "Apa Itu Asuransi"

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top