loading...

Pilih Mana Joomla Wordpress Atau Prestashop

Mengawali bulan Mei ini manusia biasa coba kasih pencerahan mengenai cms yang lagi digandrungi para pekerja dunia maya. Ada yang buat buka toko di dunia maya, ada yang sekedar untuk mengikuti trend sampai-sampai ada yang buat ngepet ratusan bahkan ribuan dollar :D Nah untuk lebih jelas mari kita simak artikel "Pilih Mana Joomla Lokomedia Wordpress Atau Prestashop" ala manusia biasa ini :D

1. Joomla bukan jomblo :D
merupakan CMS yang sempat booming ditahun 2000an. Nah kelebihan joomla sebenarnya terletak pada sebuah kata "kemudahan" / user friendly baik dari segi pengolahan maupun penginstalannya. Terlebih lagi si joomla sangat banyak fitur yang menarik yang dilempar kepasar secara cuma-cuma lhoooooo :D

Sedangkan kelemahan joomla lebih terletak pada kelemahan dibidang SEO (Search Engine Optimizer) dengan kata lain tidak ramahnya terhadap mesin pencari. Cache Memory yang handa diberikan sekitar 12% membuat joomla sebagai salah satu CMS yang selalu melakukan pengulangan query pada database yang pada intinya CMS hanya perlu melakukan pengulangan query sekali saja pada database.

2. Prestashop
CMS yang satu ini tidak jauh berbeda dengan Lokomedia. Ditujukan kepada mereka yang  ingin memiliki store online dan prestashop bisa membaca itu dengan mengusung nama "kemudahan" CMS ini banyak disukai karena simple dan mudah dalam penggunaannya. Dan perlu diketahui oleh teman-teman bahwa CMS ini udah mendapatkan penghargaan dunia maya sebagai salah satu software Solusi Open Source Terbaik E-Commerce. Selain itu Prestashop juga mengokohkan diri dari statistik mereka hampir 50.000 menjalankan bisnis online dengan menggunakan prestashop. Dan dengan mengusung kemudahan itu bisa manusia biasa pastikan Prestashop merupakan salah satu CMS yang seacrh Engine friendly.

Walaupun digandrungi banyak orang yang menjalankan bisnis online tidak membuat prestashop tanpa kelemahan salah satu kelemahannya adalah sangat sulit mencari template yang tidak berbayar. :D ketauan nyari gratisan mulu xixixixixixiiiiii....... Belum tersedianya media untuk interkasi antara user, user hanya bisa memberikan coment.

3. Wordpress
CMS yang dibuat oleh Matt Mullenweg dkk ini sudah lama digandrungi oleh netters di dunia maya bak memiliki rumah idaman Tipe RS kalo udah punya WP (singkatannya Wordpress.Org ingat bukan .com kalo .com adalah versi blognya) kenapa??? MEWAH boleh dikatakan begitu tampilan dashboard yang menarik salah satu alasan juga kenapa banyak orang yang suka dengan wordpress. Dan bagi mereka yang gila SEO mereka tidak akan pikir dua kali untuk memilih Wordpress menjadi rumah di dunia maya, ini dikarenakan url yang dihasilkan ramah dan mendukung tag-tag. Design system wordpress yang relatip sederhana dibanding mambo/joomla, PHP Nuke, PostNuke.

Sedangkan kelemahan dari Wordpress terletak di sisi keamanan. Banyaknya theme dan plugins yang tersedia bisa dianggap sebagai keuntungan, tapi bisa juga kekurangan. Setiap anda menginstall themes atau plugins yang tidak didesain dengan baik, bisa membuka celah keamanan situs anda. Meski ada services yang melakukan scan secara rutin untuk mencari celah keamanan ini, tapi itu artinya biaya tambahan.

Kesimpulan :
kalo ditanya manusia biasa  Pilih Mana Joomla Wordpress Atau Prestashop sepertinya bisa ketiga2 atau tidak semuanya. Kemudahan CMS dengan mengusung nama "INSTAN" yang cocok dengan tipikal orang Indonesia kedepan bisa saja menjadi boomerang bagi kita sendiri. Kita hanya bisa menggunakan saja tanpa bisa mengembangkan CMS menjadi lebih "wah". Maka dari itu manusia biasa ajak deh buat yang non programming tidak ada salahnya belajar coding kayak PHP, HTML, CSS. Sedangkan yang udah punya basic programming bagi2 ilmunya gan biar bisa sama2 membuat web yang powerfull dari CMS

 Sekian dulu artikel manusia biasa mengenai Pilih Mana Joomla Wordpress Atau Prestashop semoga bermanfaat :D
12 Komentar untuk "Pilih Mana Joomla Wordpress Atau Prestashop"

subhanallah, sangat setuju saya dengan kesimpulannya..

Very interesting read. I have a lot of work and learning to do. Thanks!
Joomla Developer

This is really such a nice post. You must choose your website development company which should have various expertise on Joomla, Drupal, Magento, Moodle, TYPO 3, Wordpress, OS Commerce, Zen Cart, Moole, Liferay, Alfresco, JBoss, JBPM, Sharepoint, Apache, Bonitasoft, OpenERP, Oracle, Centrasite, I Phone, Interspire, Vmware, Fiorano, Android and Atlasian. Please visit for more information on Joomla Developer

Thank you for posting. It's great to learn more about website development. Frankly I've kept reading about website development on your blog. I already bookmarked your link in my browser and send an e-mail to my friends also.

Mantap gan.. saya coba dulu nih. semuanya biar tahu gimana rasanya.. he he he..!

Terimakasih infonya, saya sedang berencana membuat web memakai pretashop.

ini poin penting yg ane cari gan
"Dan bagi mereka yang gila SEO mereka tidak akan pikir dua kali untuk memilih Wordpress menjadi rumah di dunia maya, ini dikarenakan url yang dihasilkan ramah dan mendukung tag-tag. Design system wordpress yang relatip sederhana dibanding mambo/joomla, PHP Nuke, PostNuke.

The blog posted is very interesting from all aspects and it will surely benefit the readers by all means.
Prestashop Developer

kalau masalah SEO Wordpress emang jagonya .....

Bener juga sih gan. , tp prestashop juga dah lumayan buat opensource nya. Buat rekomendasi nya

Lokomedia asli Indonesia bersaing dengan CMS import.. keren

yes.... benar sekali nanti saya akan ulas balik mengenai perkembangan cms di Indonesia :)

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top