loading...

Tutorial menjalankan Joomla di Local Area Network (LAN)

Lama rasanya manusia biasa tidak membuat artikel mengenai joomla, nah kemarin ada kawan lama dunia maya bukan luna maya lho ya(xixixixixixii……) yang minta dibuatkan artikel mengenai joomla, tapi joomla yang dijalankan di dalam sebuah LAN. Ehhmmmmm…. Penasaran juga sih masalahnya belum pernah diuji coba manusia biasa melalui sebuah LAN. Biasanya manusia biasa melakukan nya di webhosting dan local host tapi kini ditantang untuk membuat website joomla offline tapi bisa dijalankan di LAN :D. Mau tau pesan sosok misterius misterius tersebut simak deh baik-baik pesannya di buku tamu manusia biasa tepatnya seperti ini :

MooChenk: Mksod ane, ente nulis tutorial Joomla bwt bkn situs offline, cm bwt sharing file dr server ke user client az, biar keren tampilannya dbkin kya web gethooo..ayooo, bg2 ilmu ente,jgn cm dpajng djidat...:D


Manusia biasa tidak tinggal diam menerima pesan tersebut pertapaan pun dimulai untuk mencari wangsit dari para sesepuh xixixixixixi…. Melewati lembah dan mendaki gunung akhirnya manusia biasa bisa melakukan hal yang dimaksud :D
Persiapan perang :
1.Pastikan kalian mempunyai minimal 2 buah komputer
2.Kabel LAN yang telah di crimping atau telah dipasang konektor RJ45
3.Jika lebih dari 2 komputer gunakan switch ya….
4.Aplikasi server local seperti apche ataupun tomcat atau xampp (kawan2 bisa mencari nya di google link seperti free download tomcat atau free download xampp)
5.Tentunya Joomla silahkan download di situs resminya joomla.org


Kalau sudah siap semuanya kita mulai melakukan eksperimen. Saia asumsikan kita sudah mempunyai web joomla yang telah diinstall dan telah berjalan dengan baik di localhost komputer kalian :D, kalau belom silahkan lihat artikel manusia biasa tentang install joomla di locahost. Kalau sampai disini sudah OK permasalahannya kini kita tinggal melakukan web joomla ini di dalam sebuah Local Area Network (LAN). Yang perlu diingat adalah komputer yang diinstal joomla dan software aplikasi server local disebut sebagai komputer server.

SERVER
Langkah awal yang harus kita lakukan adalah colokkan kabel LAN kemasing2 komputer jika sudah lanjut lagi masuk ke control panel, network connections klik kanan pada local area connections yang aktif pilih properties. Pada tab General pilih Internet Protokol (TCP/IP) kemudian klik tombol properties lalu akan muncul kotak dialog baru setting IP 192.168.0.1 dan subnet mask 255.255.255.0 dan klik ok. Sampai disini server udah ok.
Bentaran manusia biasa ngidupin rokok dulu sambil nyerumput kopi buatan teman :D xixixixixixixixixiiiiii

CLIENT
Sama seperti server di client juga harus di colok kabel LAN tapi kabel dari server ke client atau jika komputer lebih dari 2 kabel Lan harus terpasang dari switch ke CLIENT:D. sudah lanjut lagi masuk ke control panel, network connections klik kanan pada local area connections yang aktif pilih properties. Pada tab General pilih Internet Protokol (TCP/IP) kemudian klik tombol properties lalu akan muncul kotak dialog baru setting IP 192.168.0.2 dan subnet mask 255.255.255.0 dan klik ok!!!! Begitu selanjutnya untuk komputer CLIENT yang lainnya IP 192.168.0.3 dst…… Sampai disini semua berez.

Lalu bagaimana mengecek koneksi tersebut telah terpasang dengan baik :D
Di komputer server, masuk saja ke CMD dengan cara start (lambang microsft pada keyboard + R) kemudian ketikkan ke CMD ping 192.168.0.2 –t jika muncul adalah RTO (request Time out) matikan Firewall yang ada dikomputer server dengan cara. Masuk ke control panel dan pilih menu Windows Firewall pilih saja off dan klik ok. Lakukan lagi pengecekan dengan masuk ke CMD ping 192.168.0.2 –t sehingga akan muncul tulisan dan angka yang tak jelaz disana :D xixixixixixi…… jika masih sama ke komputer CLIENT.

Di komputer client, masuk saja ke CMD dengan cara start (lambang microsft pada keyboard + R) kemudian ketikkan ke CMD ping 192.168.0.1 –t jika muncul adalah RTO (request Time out) matikan Firewall yang ada dikomputer server dengan cara. Masuk ke control panel dan pilih menu Windows Firewall pilih saja off dan klik ok. . Lakukan lagi pengecekan dengan masuk ke CMD ping 192.168.0.2 –t sehingga akan muncul tulisan dan angka yang tak jelaz juga disana itu sudah dapat dipastikan bahwa CLIENT dan SERVER sudah saling terkoneksi. Jika masih belum juga dan masih muncul tulisan request timed out disana restar computer server dan client. Lakukan ping lagi pastikan sudah benar-benar terkoneksi. Jika masih belum juga cek kabel LAN nya. Sampai disini saia rasa sudah OK sekarang tinggal bagaimana kita menjalankan joomla yang diinstal di localhost server bisa berjalan di komputer client.

Sekarang di semua komputer yang telah di koneksikan dengan komputer server klik saja browser kalian tapi manusia biasa anjurkan menggunakan Mozzilla Firefox kalau tak punya silahkan download dan googlelink kan saja dengan kata kunci “Free Download Mozzila Firefox”. Kemudian di komputer CLIENT ketikkan diaddress bar browser http:// ipserver/alamat folder joomla contoh: http:// 192.168.0.1/manusiabiasa. Jika yang muncul adalah web joomla kalian berarti udah sukses tapi jika muncul adalah not found server berarti anda belum beruntung silahkan ulangi lagi cara diatas karena tutorial tentang “Menjalankan Joomla di Local Area Network (LAN)” ini sudah manusia biasa lakukan uji coba dan berhasil.

Nah, buat Moochenk yang bukan kemoceng lho yaaaaa… xixixixixixi……. :D PR dari anda sudah saia kerjakan selamat mencoba dan semoga sukses. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian, jika ada cara yang lebih singkat lagi jangan malu berbagi di blog ini. Sekian artikel dari manusia biasa tentang Tutorial menjalankan Joomla di Local Area Network (LAN).

Salam hangat manusia biasa. Keep spirit N’ Happy Blogging :D

7 Komentar untuk "Tutorial menjalankan Joomla di Local Area Network (LAN)"

Alhamdulillah... Akhirnya artikel yg ane tunggu2 muncul juga. Thx bgt brur. Banyak banget manfaatx ne...
Kini giliran ane yg bertapa bwt ujicoba ilmu baru ne... Ntar kalo ane ada kesulitan ane balik ke padeblogan sini lage yeee...
Sekali lagi thx so much brur bwt ilmux ne...

assalamualaikum..wr...wb...
salam kenal buat agan yang berjulukan manusia biasa (MANBI)..
gan saya mo tanya, sekalian sharing...aku lagi belajar macromedia dreamviewer ma macro flashnya..
truz kl membuat agar web yang kita design tersebut dapat di lihat / dijalankan di kom client gimana cara nya gan, mohon bantuannya gan..
kl agan berkenan chat ma aku tuk memberikan segudang ilmu yang agan (MANBI) punya, add aja FB tow YM aku gan : agridnet@yahoo.com
sebelumnya aku terimakasih banget buat agan si manusia biasa...

wasalam...
dari manusia lemah (MANLEM) kwkwkwkkwkwk

thanks gan infonya sangat bermanfaat....
jgn lupa mampir jg donk kesini http://quantamultimedia.com/

agan gimana kalau yang dibuat dijoomla didintegrasikan dengan modul aplikasi online tapi dijalanin di LAN/WLAN ??? bisa kagak ddijalankan:::

Untuk catatan untuk aplikasi client server disetiap client ditanam aplikasi untuk client dimasing - masing server
::::
mari berbagi ilmu::::

dari MACU )Manusia Cupu(

@anonim :
agan gimana kalau yang dibuat dijoomla didintegrasikan dengan modul aplikasi online tapi dijalanin di LAN/WLAN ???

sejauh ini masih belum nyoba tapi kalo pake lokomedia ane otak-atik bisa jalan kokkkkk... kalo udah pake joomla kasih link aja masukin :D

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top