loading...

Peran Antivirus Dalam Komputer

Sebuah e-mail kembali masuk di inbox manusia biasa. tanpa basa - basi gini nih isi e-amil tersebut.
"Bang, saya udah baca semua artikel virus maupun antivirus yang abang share. Nah sebenarnya pertanyaan saya sih simpel banget nih! Sebenarnya seberapa besar sih, peran antivirus dalam komputer, masalahnya di komputer saya selalu terpasang antivirus terbaik menurut kebanyakan artikel yang saya baca di google. Tetap aja masuk virus dan install ulang terus deh. Mohon pencerahannya bang. Tks!"

Itulah isi e-mail yang saya share kepada rekan - rekan sekalian "Peran Antivirus Dalam Komputer" Bukan hanya perannya saja. Tapi yang perlu digaris bawahi adalah seberapanya. Ok, langsung aja deh tanpa basa - basi lagi.

Saat ini, sebenarnya virus yang menginfeksi komputer semakin berkembang dengan sangat pesat, semua ini tentu secara bersamaan dengan berkembangnya sistem antivirus yang digunakan. Singkat kata, semakin canggih sebuah sistem antivirus, maka semakin ganas pula virus tersebut. Sebut saja virus lokal yang akhir - aakhir ini kian mengganas dibandingkan dengan virus manca negara. Dan tidak sedikit mereka (pengguna komputer) yang direpotkan dengan hadirnya virus lokal. Adapun virus lokal semakin banyak saja jenisnya serta skema penyerangan yang kian beragam. Mulai dari virus yang hanya sekedar iseng sampai dengan virus yang tega menghilangkan banyak data penting.

Lantas bagaimana sebenarnya peran antivirus dalam komputer?


Perannya ada banyak, dimana salah satunya adalah mencegah sebuah virus, baik itu masuk kedalam komputer dan berkembang sehingga berpotensi merusak data pribadi. sebuah antivirus di ibaratkan "obat/anti body" sedangkan komputer diibaratkan "tubuh manusia". Bisa dibayangkan donk bagaimana jika tubuh manusia tidak dilengkapi dengan antibody yang berupa dari suplay obat - obatan?
Nah, sebaliknya jika tubuh manusia baru dilengkapi antibody ketika sudah terjangkit virus. Sama aja bohong kan. Begitu juga dengan komputer kalau sudah masuk virus baru dipasang antivirus percuma aja. Bukankah ada pepatah mengatakan "lebih baik mencegah daripada mengobati". Seperti itulah sebenarnya peran dari antivirus komputer.

Satu hal yang perlu saya tekankan Virus selalu selangkah lebih maju dari antivirus. Pernyataan ini adalah fakta yang tidak dapat di pungkiri di dunia teknologi sekarang ini.

Kayaknya cuman itu deh yang kali ini manusia biasa share. Buat yang pengen, silahkan liat tuh ada antivirus terbaik 2010.


4 Komentar untuk "Peran Antivirus Dalam Komputer"

Kadang2, kontaminasi virus dalam sistem terjadi gara2 keteledoran user. Sebagian virus maker menyadari bahwa dengan metode mengeksploitasi kelalaian pengguna merupakan satu cara paling efektif untuk menyarangkan virus. Misalnya dengan memanipulasi penafsiran pengguna, file virus dibikin dengan nama2 yg memancing (sorry) "syahwat", lalu menggunakan icon2 multimedia yg populer (biasanya JPEG/ikon file gambar). Pengalaman sebagai manusia normal neeh.. hehehehe
Pada umumnya virus lokal bisa dibilang hampir ga ada yg autorun (terutama melalui media mobile storage a.k.a flashdisk atau memory card) begitu media bersangkutan attached ke dalam sistem. Kebanyakan masih memerlukan aktivasi manual oleh user, baru dia jalan di sistem.
Makanya satu hal yg juga patut diperhatikan adalah sebisa mungkin lihat-lihat dulu properties file yg mau di klik dalam flashdisk. Karena kadangkala ativirus paling top sekalipun nggak mampu mengenali karena malware tersebut belum masuk dalam katalognya.
Ada juga antivirus yg mengidentifikasikan file *.exe yg sebenarnya tidak berbahaya (kemungkinan bisa jadi merupakan standalone application) sebagai virus. Bahkan yg lebih cerewet lagi kalo sampai si AnVir nganggap file system OS sebagai malware (padahal bisa saja aplikasi tersebut berupa addon dari vendor resmi atau bawaan OS yg kita pakai atau update yg diunduh dari sumber legal).
Salam,
Sinchan

bang........ anti virus ini udah bisa diinstal secara langsung ato harus pake key lagi buat aktifkannya

itu kan salah satu perannya, selain itu ada lagi kah ??

Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top