Terbaik

loading...

Mencegah virus tanpa Menggunakan antivirus

Salah satu pengunjung blog manusia biasa yang kacangan ini mengirimkan sebuah e-mail yang berisikan:
Maaf om Jenggot menggangu, saya mau tanya nih, pertanyaan saya mohon dijawab ya:
1. Bagaimana mencegah virus jika kita tidak menggunakan antivirus?
2. Bagaimana Jika kita menggunakan antivirus yang tidak update sama sekali, apa ada pengaruhnya?? Maklum saya cuman bisa OL di warnet doank?
3. Bagaimana cara mematikan autorun di komputer kita?
4. Bagaimana mencegah virus masuk melalui Flash Disk karena saya menggunakan Smadav yang bisa protect Flash disk dari virus, tapi bagi saya cara ini tidak manjur untuk dilakukan dalam hal mem-protect flash Disk saya?

Sekian mas jenggot, sorry nih menggangu kalau tidak keberatan mohon dibalas yach. Kirim balik ke e-mail ini aja.

Agak sebal sih masa orang ganteng kayak gini dipanggil om pake jenggot lagi, huuuuuuuuuuhhhhhh....... dasar nich. Tapi gak apa! It's Ok Man!!!!!! mumpung manusia biasa baik hati akan dikupas tuntas kali ini pertanyaan kamu. OK!

1. Mencegah virus tanpa Menggunakan antivirus
Pada intinya sebuah virus dapat beranak pinak di komputer korban dengan adanya pemicu sehingga komputer tersebut menjadi sarang dari virus beranak cucu dan menjadi banyak. Dalam hal ini yang menjadi pemicu sehingga virus tersebut dapat beranak cucu dikomputer kita adalah Autorun virus tersebut. Ini dari kebanyakan kasus yang saya tangani mengenai virus komputer bukan virus H1N1 yach...... wkwkwkwkwkwkwkwk. Ok lanjut. Cara simpelnya gak usah dipake tuh komputer jadikan pajangan aja..... becanda bosssss..........
Caranya jika kita menggunakan komputer dan ingin mencopy file dari media Flash disk atau sebagainya lebih baik menggunakan safe mode dengan cara menekan tombol keyboard F11 sesaat sebelum masuk splash screen atau saat booting. Karena safe mode sudah mematikan autorun dari device seperti UFD dan lainnya. Jika cara ini agak merepotkan kalian gunakan ilmu selanjutnya yaitu mematikan autoPlay, caranya gampang kok!
a. Buka run...(start-->Run..)
b. Ketik gpedit.msc klik OK
b. Akan muncul jendela baru
d. Klik Administrative Templates --> System
e. Dibagian Kanan cari "Turn off Autoplay"
f. Klik kanan --> Properties
g. Akan muncul jendela baru
h. Klik Enabled --> Pilih All drives --> OK
i. Tutup Gpedit.msc dan Kini Windows telah bebas dari autorun

atau baca artikel manusia biasa yang ada disono.

Cara ini dapat diterapkan pada komputer-komputer yang tidak terkoneksi dengan internet, karena cenderung virus yang masuk kekomputer offline adalah melalui media UFD atau sejenisnya.
Mudahkan???

2. Menggunakan antivirus yang tidak update sama sekali
Mana lebih baik menggunakan komputer tanpa antivirus atau menggunakan komputer dengan antivirus tanpa update sama sekali?
Memang aneh pertanyaan dijawab pertanyaan tapi inilah kenyataan nya! kalau saya pribadi lebih baik menggunakan komputer tanpa antivirus, karena menurut hemat saya selain memperlambat kinerja komputer dengan antivirus yang tidak terupdate. Space Harddisk juga penuh oleh antivirus yang diinstal. Toh juga tak ada gunanya mo 100 antivirus kalau gak update percuma karena gak akan menghapus virus sama sekali kok! Benar gak? Jadi jika saya anjurkan silahkan baca aja artikel saya yang disitu tuch dan disana nich. dijamin maknyosssssssss......

3. cara mematikan autorun di komputer
Tepatnya bukan autorun tapi autoplay.... dan caranya sudah saya jawab di pembahasan nomor 1. OK

4. mencegah virus masuk melalui Flash Disk
Akhirnya ada yang komplen juga dengan Protect UFD menggunakan smadav. Tapi saya gak membahas masalah smadav nya tapi akan membahas mengenai cara mencegah virus masuk melalui Flash Disk. OK, sebenarnya cara ini saya dapatkan ketika saya mendaftarkan diri di salah satu website yang beralamat di Spyrozone.net, tapi gak tau apakah masih bisa diakses tuh website karena selama ini manusia biasa menghilang dari forum itu. OK, caranya singkat kok!!!! Gunain aja autorun di UFD atau media sejenis, Kenapa harus begini begitu ampe sakit kepala.... tapi rasanya sudah manusia biasa posting kok cara membuat autorun di media UFD atau sejenisnya tapi di blog yang satunya kebetulan bahasa inggris. Nah manusia biasa kasih yang bahasa Indonesia aja dech.... gini caranya.

-Carilah sebuah icon terserah mau icon apa yang penting file extention nya.ico kemudian copy atau simpan icon tersebut ke UFD kalian.
-Kemudian bukalah notepad kesayangan kalian, lanjutkan dengan mengetikkan script ini:
[autorun]
icon=Manusia Biasa.ico
label=Manusia Biasa


File icon Manusia Biasa.ico sesuaikan dengan mana icon kalian
Kemudian label bisa diubah dengan nama apapun terserah kalian karena label itu nanti akan digunakan untuk menamai label UFD kalian.
-Jika sudah selesai klik menu file --> save as lalu simpan dengan nama autorun.inf dan ganti save as type menjadi all files. dan harus di simpan pada UFD kalian.
Nah, sekarang hal yang paling menentukan adalah menamai UFD kalian dengan klik kana UFD kalian dan klik rename, namai dengan nama yang tidak sama dengan label yang kalian buat di script autorun.inf, mungkin dengan nama ada virus coy.
Kenapa harus menggunakan cara ini?????? ok, sedikit manusia biasa bahasa dech diblog kacangan ini. Hal ini merupakan penanda untuk UFD kalian seperti yang saya bahas pada pembahasan nomor 1 tadi bahwa kebanyakan virus sekarang menggunakan autorun.inf nya untuk merangsek masuk ke komputer "si korban". Sehingga jika autorun yang kalian buat tadi jika virus ada diUFD kalian, maka autorun di UFD kalian akan hilang dan berganti menjadi autorun virus tersebut, nah jika autorun tersebut berganti otomatis label yang kita buat tadi dengan nama manusia biasa akan hilang dan berganti dengan nama label ada virus coy. Lantas bagaimana cara menghilangkan virus dan autorun yang ada di UFD tersebut, caranya scan melalui komputer teman atau warnet yang antivirusnya update. Karena gak ada cara lainnya jika komputer kalian tidak memiliki antivirus yang update dan mujarab.

Nah sekian artikel Mencegah virus tanpa Menggunakan antivirus ini manusia biasa bahas, total dikupas abis so....... buat yang ngirim e-mail jangan panggil OM lagi apalagi pake Jenggot! kalau memang ada info atau tips lainnya bisa donk dibagi - bagi buat manusia biasa. Saling berbagi yach..... kayak pesan manusia biasa :

Karena “Ilmu itu untuk diamalkan
” jadi …"Letakkanlah Ilmu itu di Depan JIDAT Kamu,
agar orang lain dapat mempelajari
dan MELIHAT ilmu kamu"


Yang merasa masih kebingungan silahkan kontak via e-mail di Manusia.Biasa830@gmail.com

Selamat berjuang melawan virus dech........ :P

5 Komentar untuk "Mencegah virus tanpa Menggunakan antivirus"

om jenggot..makasih ya..infonya bagus banget..jadi agak ngerti (dikit) mengenai si virus yg suka menyebalkan ini.
om..jenggotnya dicukur dong...Noordin M Top aja, jenggotnya udah dicukur....hahahahahaha...

*kabur..sebelum dipentung..*

Terima kasih, bro atas pengetahuannya tak coba karang hehe....

mmm..
kalau komuternya udah terlanjur kena virus banyaaak bgt.. slain di format, ada cara lain ga ? klo antivirus yang bagus n gmpang di update apa yah ? :D

@ gina : semua tergantung gina, mau antivirus apa, kalau lokal update databasenya masih belum ada yang langsung koneksi ke server mereka kita melakukan secara manual, nah kalau antivirus luar negeri saya percaya kepada 2 antivirus
1. bitdefender
2. Avira antivirus

sesuaikan aja dengan kebutuhan kalian

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top