Terbaik

loading...

Kecapi

KECAPI merupakan alat musik petik khas Kalimantan Tengah yang bisa digunakan oleh masyarakat suku Dayak untuk mengiringi lagu khas Kalimantan Tengah seperti Badeder/Deder (nyanyian pantun), Karungut, Dodoi (nyanyian saat mendayung perahu/sampan/rakit). Kecapi juga dapat digunakan untuk mengiringi tari - tarian khas Kalimantan Tengah dalam sebuah festival atau dalam menyambut tamu besar, Mansana (bercerita), acara perkawinan, acara kelahiran dan segala macam lainnya dech. Tapi kalau dulu kala Kecapi lebih banyak digunakan untuk mengantar para pahlawan - pahlawan jaman dulu untuk maju berperang melawan musuh.

Kecapi sendiri terbuat dari sebuah kayu ringan, yang bertalikan senar. Senarnya bisa menggunakan nilon. Kalau dulu sich kata orang tua saya senar Kecapi lebih banyak menggunakan Rotan atau kulit kayu karena lebih tahan lama, kuat dan suaranya yang khas, apalagi jaman dulu gak ada yang namanya Nilon.

Tapi dibalik ini semua alat musik petik khas Kalimantan Tengah ini, sudah mulai ditinggalkan para pemuda - pemudi Kalteng. Karena anak uluh itah lebih suka menggunakan alat musik petik macam gitar atau alat musik modern lainnya, dan yang pastinya lebih suka menyanyikan lagu - lagu tren kesukaan mereka. Seingat saya dulu waktu jaman saya SMA, ada sebuah Band musik yang mengusung musik Karungut modern yang menggabungkan alat musik modern dan alat musik khas dayak seperti gong, kecapi, katambung, kangkanung, dll dech. Yang kebetulan juga dulu salah satu personil band ini ada paman saya. Tapi sayang karena kekurangan dana serta kurangnya minat para pemuda dan pemudi Kalteng untuk meneruskan minat di bidang musik daerah seperti ini. Akhirnya Band itu bubar tanpa ada yang meneruskannya. Entah kalau sekarang ditempat - tempat rekan - rekan apakah ada yang mengusung aliran musik daerah???? so, jika dibiarkan begini terus menerus dapat dipastikan tidak ada yang dapat menerima tongkat estafet musik daerah Kalteng. Lantas siapa yang dapat kita harapkan kalau bukan anda - anda dan juga saya sebagai penerus bangsa ini. Mulai lah untuk melestarikan kebudayaan daerah kita masing - masing???? Apa kalian mau jika salah satu adat istiadat kita diambil lagi oleh negara seberang?? kalau saya sih ogah.....

Kalau bukan kita,
Siapa Lagi????
Kalau bukan sekarang,
Kapan Lagi????

Salam Hangat untuk para penghuni Bumi tambun bungai.... Damai di Hati Damai Dinanti!!!!! PEACE 4 ALL.
3 Komentar untuk "Kecapi"

Engak da foto kecapi ya?....
Soalnya klo engk salah nama alat kecapi juga da banyak...
pa mirip kayak kecapinya di Jepang?...

kecapi.. walah ternyata jenggot juga punya community

mari bersama-sama menjaga kesenian daerah, jangan sampe bangsa lain merebutnya.

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top