Terbaik

loading...

Patung Sapundu

Apakah anda pernah mendengar patung sapundu??? Nah, jika belum simak baik - baik artikel manusia biasa kali ini yang masih tetap mengangkat tema budaya dayak, Kalimantan Tengah.

Patung sapundu adalah sebuah patung yang dibuat dari kayu ulin, dimana patung yang diukir pada batang kayu ulin itu sendiri digunakan untuk mengikat hewan kurban pada saat upacara Tiwah. Ada yang belum tau apa itu Upacara Tiwah, baik akan manusia biasa jelaskan sedikit tentang Ritual Tiwah.......

Tiwah merupakan suatu upacara Kematian yang dilakukan dikalangan Suku Dayak Ngaju yang berada di daerah Kalimantan Tengah, dengan tujuan untuk mengantarkan arwah ke negeri para arwah. Negeri para arwah ini sendiri disebut dengan "Lewu Tatau Habaran Bulau, Habusung Hintan, Hakarangan Lamiang". Yang memiliki arti : "Negeri Kaya Raya, Indah, Banyak Mengandung Emas, Intan dan Batu Merjan". Ok, lain kali manusia biasa membahas secara mendalam apa dan kenapa harus ada Upacara Tiwah, sekarang kita kembali ke Sapundu tadi. Patung Sapundu sendiri ternyata diukir secara bebas tanpa ada peraturan yang mengikat oleh orang yang membuatnya. Mungkin oleh karena inilah Sapundu lebih terlihat menarik dan unik. Itu bagi manusia biasa tau dech buat kalian, Apakah Sapundu menarik??????

Perlunya ada ukiran pada Sapundu sendiri adalah tidak lain dan tidak bukan karena Sapundu ini nantinya akan digunakan untuk tiang dimana tiang ini nantinya adalah tempat untuk mengikat hewan kurban agar lebih menarik. Adapun hewan yang diikat pada Sapundu biasanya hewan sapi atau kerbau, Lalu kenapa kok pake kayu Ulin?? secara umum orang Dayak lebih mengenal Kayu ulin (dalam bahasa dayak adalah Tabalien) karena kayu jenis Ulin ini terkenal Kuat, Karena biasanya hewan yang dikurbankan yang diikat Pada Sapundu memiliki tenaga yang kuat sekali, Makanya kayu untuk Sapundu harus benar - benar kuat juga, gethooooooooooooo!!!!!!!!!!

Lestarikan adat Dayak Kalimantan Tengah,
AMUN DIA ITAH EWEH HINDAI,
AMUN DIA METUH JITUH PEA HINDAI........


Sekalian nih ikutan kontes seo sambil wisata ke pulau sadau lewat wisata seo sadau

0 Komentar untuk "Patung Sapundu"

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top