Terbaik

loading...

Lawang Sakepeng

Ehm....... Kalau artikel - artikel yang ada disini manusia biasa mengatakan tarian adat lawang sakepeng sampai tarian adat lawang sakepeng bagian 2, sekarang manusia biaasa akan membawa kalian mengenal lebih mendalam tentang adat istiadat dayak tentang tarian adat lawang sakepeng, dan lebih mendalam tentunya. Jadi simak baik - baik yach!!!!!!

Nah, kali ini manusia biasa tidak membahas tentang tarian adat lawang sakepeng tetapi lebih kepada lawang sakepeng. Lawang sakepeng sendiri memiliki pengertian semacam pintu gerbang atau gapura dari pelepah daun kelapa yang diberi rintangan benang. pada rentangan benang penghalang dipasang pula bunga berwarna - warni adag nampak indah dan semarak. Pengantin Pria dan rombongannya tidak boleh masuk kehalaman rumah sebelum membuka Lawang Sakepeng tersebut. Caranya adalah dengan memutuskan benang - benang perintang oleh pesilat - pesilat yang dipilih mewakili masing - masing pihak dengan diiringi tabuhan tabuhan gendang dan gong (ini yang baru dinamakan tarian adat Lawang Sakepeng). Ditampilkannya kedua belah pihak mengandung makna bahwa dalam kehidupan berumah tangga, kedua pengantin akan bersama mengatasi persoalan yang datang sehingga dapat hidup rukun, saling membantu dan bekerja sama. Pepath dulu mengatakan "Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing".

Adapun makna dari upacara membuka lawang sakepeng ini adalah untuk menjauhkan semua rintangan dan malapetaka yang dapat menimpa kedua mempelai dalam membina rumah tangga mereka dikemudian hari.

Sekalian nih ikutan kontes seo sambil wisata ke pulau sadau lewat wisata seo sadau
0 Komentar untuk "Lawang Sakepeng"

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top