Terbaik

loading...

Virus Conficker dan Pencegahannya

Mungkin jika melihat artikel Manusia Biasa yang di sini. Ada 1 buah virus yang belum saya bicarakan.............
Virus Conficker
secara mendalam saya akan menjelaskan apa itu Virus Conficker dan bagaimana cara mencegahnya.

Apa itu virus conficker


Conficker atau yang sering juga disebut Downup, Downandup dan Kido ini adalah worm yang muncul pada Oktober 2008 tahun lalu tepatnya. (mungkin udah basi untuk dibahas tapi tak apalah untuk kita pengguna awam) Conficker menyerang Windows dan paling banyak ditemui dalam Windows XP. Microsoft juga telah merilis patch untuk menghentikan worm ini pada tanggal 15 Oktober 2008.

Sebut saja Heinz Heise memperkirakan Conficker telah menginfeksi 2.5 juta PC pada 15 Januari 2009, sementara The Guardian memperkirakan 3.5 juta PC terinfeksi. Pada 16 Januari 2009, worm ini telah menginfeksi hampir 9 juta PC, menjadikannya salah satu infeksi yang paling cepat menyebar dalam waktu singkat. Ini adalah bukti nyata.....

Cara Pencegahan Virus Conficker


Karena Virus Conficker merupakan Worm Win32/Conficker.A menyerang komputer yang memiliki jaringan internet. pastinya virus ini akan memantau traffic dan memutuskan jaringan internet kalian.

Langkah2nya adalah sebagai berikut :
1. Pastikan virus tersebut tidak aktif di komputer Anda. Caranya adalah dengan memutuskan hubungan komputer ke jaringan.
2. Jika setelah hubungan ke jaringan diputuskan infeksi virus terhenti, maka artinya sumber virus bukan dari komputer Anda melainkan dari salah satu komputer di jaringan.
3. Cari sumber penyebar Virus Conficker di jaringan sebelum mengkoneksikan komputer Anda. Logikanya, semua komputer yang belum di-patch dan terhubung ke jaringan dimana ada satu komputer yang terinfeksi virus Conficker, maka akan terinfeksi Conficker juga dalam waktu singkat. Kecuali komputer-komputer tersebut dilindungi oleh Firewall yang memproteksi port:
* UDP Port 135, 137, 138 dan 445
* TCP Port 135, 139, 445 dan 593

4. Patch semua komputer yang sistem operasinya rentan terhadap celah keamanan RPC Dcom 3. Untuk mendapatkan detil patch-nya, silahkan download di situs Microsoft.

Info terkait tentang langkah2 ini manusia biasa copas dari website tempat manusia biasa berguru Jasokom

Semoga Bermanfaat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
0 Komentar untuk "Virus Conficker dan Pencegahannya"

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top