Terbaik

loading...

Festival Budaya Isen Mulang 2009

Palangka Raya kembali menjadi pusat perhatian. Pasalnya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang merupakan Agenda Tahunan Provinsi Kalimantan Tengah kembali digelar sebagai rangkaian peringatan ulang tahun Propinsi Kalimantan Tengah yang ke-52, yang diperingati setiap tanggal 23 Mei. Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, SH. Diawali dengan Pawai Budaya yang diikuti oleh 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Apa Saja Yang Dipertontonkan di Festival Budaya Isen Mulang 2009


seperti biasanya Festival Budaya Isen Mulang yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali ini memperlombakan kesenian daerah kalimantan tengah berupa ; karungut, sepak sawut, Dayung Tradisional, Lomba Balogo, Lomba Manyipet, Tari, Manetek, Lomba Bagasing, Mangenta, Malamang, Mangaruhi, Pemilihan Putra/i Pariwisata, Besei Kambe, Pawai Budaya.

Sementara rangkaian acara lain yang akan mewarnai HUT Kalteng ke-52 yakni Kalimantan Tengah Expo 2009 berisi pameran produk-produk unggulan daerah dan diikuti sejumlah provinsi lain.

Seseru Apa Sih Festival Budaya Isen Mulang 2009


Sempat jalan-jalan tadi malam, Festival Budaya Isen Mulang yang diselenggarakan di Stadion Sanaman Mantikei ini sukses dijadikan lautan manusia dan Lautan kendaraan bermotor. Kenapa tidak, banyak nya antusias warga Kalteng yang ingin menyaksikan secara langsung Festival Budaya Isen Mulang ini datang bersama-sama dengan keluarga, pacar dan teman2 pokok nya seruuuuuuuuuu deh...... Jadi yang tinggal di Palangka Raya kalo kaga datang rugi dahhhhhhhhhhh. Manusia Biasa dan rekan2 Jenggot COmmunity sempat jalan-jalan juga dan yang membuat seru tadi malam salah satu Perlombaan tradisional Kalimantan Tengah mulai dipertandingkan yaitu Karungut. Salah satu perlombaan tradional kateng yang tak mau manusia biasa lewatkan diiringi alat musik tradisional Kalteng seperti kecapi dan Gong. Karungut terdengar sangat enak lho............. sedikit untuk diketahui Karungut adalah sejenis pantun yang di lagukan. Dalam berbagai acara, karungut sering dilantunkan, misalnya pada acara penyambutan tamu yang dihormati. Salah satu ekspresi kegembiraan dan rasa bahagia diungkapkan dalam bentuk karungut. Terkadang di dalam karungut ditemukan pengulangan kata pada akhir kalimat dengan sajak a a a a atau a b a b, namun terkadang tidak diketemukan pengulangan kata yang bersajak sama.

singkatnya Karungut adalah salah satu kesenian tradisional yang sangat komunikatif, karena pesan-pesan yang disampaikan berbentuk pantun dalam bahasa daerah Dayak dan mudah dimengerti penontonnya. Karungut diiringi alat musik kecapi, gong dan lainnya. bisa pakai band atau organ. Karungut semacam sastra lisan nusantara untuk <Kalimantan Tengah sama dengan Madihin kalau di Kalimantan Selatan. Sedangkan di Jawa Tengah disebut macopat. Dengan kata lain Karungut dapat dikatakan suatu irama lagu daerah Kalimantan Tengah untuk melagukan syair-syair atau naskah yang bukan syair. Karungut juga sangat terkenal di sepanjang jalur sungai Kahayan, Kapuas, Katingan, Rungan Manuhing dan sebagian jalur sungai Barito.

Lalu bagaimana dengan Festival Budaya di daerah mu???????????


7 Komentar untuk "Festival Budaya Isen Mulang 2009"

selamat ulang tahun buat Kalimantan Selatan ya..semoga terus maju..kalo bisa mengalahkan Jakarta..biar penduduk Indonesia ngga numpuk di Jakarta atau Jawa aja..hehe..

pengen sih liat acaranya..tapi lumayan jauh..kalo diongkosin sama yg punya blogs sih ok ok aja..

bukan kalimantan selatan bos! tapi kalimantan tengah..isen mulang petak danum oloh dayak...maju KALTENG...

bukan kalimantan selatan bos! tapi kalimantan tengah..isen mulang petak danum oloh dayak...maju KALTENG...

Kapan2 isen mulangnya di Pangakaln Bun donk...
hehehe.
Pangakalan Bun kan juga Kalteng gitu... ^_^

Hmm kalau di daerah ku... (P.Bun) HUT KOBAR juga meriah...
Tapi sekarang dah gak bisa liat lagi.../
Kuliah di Semarang... T_T

Blogku sob

@ jide dibaca dulu ampe habisssssssss le..... :D

mahaga seni budaya ayun tatu hiang itah...
petak danum oloh dayak....

maju terus KAL-TENG.. tarus mahaga seni budaya ayun tatu hiang itah...

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top