Terbaik

Objek Wisata Daerah Kalimantan Tengah


Mungkin rekan2-rekan sekalian sudah pernah berkunjung keberbagai wisata daerah termasuk didaerah kalian tentunya. nah, kali ini saya akan ajak teman-teman mengetahui objek wisata alam yang ada di Kalimantan Tengah. Objek wisata ini berada di Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Palangkaraya, Kabupaten Gunung Mas, Kecamatan Tewah. Desa Tumbang Manange. Nah, objek wisata ini bernama batu suli, terletak di Daerah Aliran Sungai Kahayan tepatnya dibagian hulu dari sungai Kahayan ini, yang berjarak sekitar 230 km dari pusat kota Palangka Raya.
Untuk mencapai ke lokasi tidaklah mudah kira2 memakan waktu 7 Jam dimana dari kota Palangka Raya kita akan berhenti di Ibu Kota Kabupaten Gunung Mas Kuala Kurun memakan waktu 4 jam melalui perjalanan darat yang sangat melelahkan karena banyaknya jalan yang belum teraspal dan berlubang. kemudian dari Kuala Kurun Kedesa Tumbang Manange/Batu Suli membutuhkan waktu 3 jam lamanya melalui sungai Kahayan, sebenarnya jalan darat pun bisa tapi karena rekan-rekan ingin merasakan naik Kapal Motor kedaerah objek wisata ini ya kita ikuti saja. mau tau seberapa seru manusia biasa serta teman-teman saya menantang kerasnya aliran sungai kahayan nihhhhh Manusia Biasa Kasih Liat.



Nah, untuk Kali ini kami masih beruntung karena debit air sungai kahayan sedang naik yang di karenakan hujan yang turun terus menerus. tetapi jika debit air sedang turun maka tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bagi para pencinta alam yang menguji nyalinya untuk melakukan arung jeram. hulu sungai kahayan sendiri terkenal dengan riamnya lhoooooo!!!! kami sendiri sering dikejutkan dengan pusran air yang kuat... hampir2 kapal motor yang kammi tumpangi tenggelam, tapi syukur sang nahkoda kapal sudah mahir didaerah seperti ini.






sekarang lanjut ke daerah wisatanya akhirnya pun kami sampai kedaerah wisatanya mo liat juga videonya neh manusia biasa kasih liat lagi, tapi video ini aku ambil dari dalam Kapal Motor.



udah puas................
sekarang kita lanjutkan lagi. nah, mungkin rekan-rekan udah pernah meliat gunung atau bukit yang menjulang tingginya. Nah, kalo objek wisata batu suli ini bukan merupakan bukit atau pun pegunungan. tapi merupakan batu yang sangat tinggi mo liat tar manusia biasa kasih liat lagi.

nah menurut mitos yang berkembang dulu batu ini menjulang sangat tinggi yang mencapai langit, namun karena terjadi perkelahian yang sengit antara Amai Rawang (salah satu Pendekar yang tinggal batu suli yang berbadan sangat besar pedangnya pun menurut mitos sangat panjang), dengan sosok Siluman Naga yang sangat besar, karena naga ini ingin menaiki batu suli ini maka Amai Rawang langsung mengayunkan pedangnya ke tengah batu suli itu dan terpotong menjadi dualah batu suli itu. nah ini potongan pertama batu suli itu adalah ini.



dan yang kedua adalah ini.



nah, diatas batu suli ini sendiri terdapat kuburan Amai Rawang, dan pemandangan alam yang sangat menjanjikan, dan dari sini juga lah sejarah dari batu antang (kalo ada yang pernah dengar angkat tangan nya ya. heheheheh) untuk foto atau video saat kami berada tidak manusia biasa postingkan juga karena manusia biasa tidak mengambil fotonya yang ada punya teman saya, tapi saya tidak berani mempostingnya karena manusia biasa menghargai karya seseorang. nah, untuk yang ga tau batu antang ntar manusia biasa posting di artikel selanjutnya.




foto diatas bagi saya menjelaskan bahwa alam dan manusia didaerah saya tidak dapat terpisahkan, dimana manusia dan alam dapat hidup berdampingan, selama manusia tidak menggangu alam itu sendiri. foto diatas adalah foto dari desa tumbang manange yang mana penduduknya tinggal dibawah bukit batu. akhir kata inilah Kalimanatan Tengah q, Tanah yang kucintai. Sampai jumpa diartikel budaya manusia biasa yang selanjutnya.
15 Komentar untuk "Objek Wisata Daerah Kalimantan Tengah"

waah seru yaah bro...hehehe jadi pengen ke sana...kalo dilihat2 di vidionya kaynya mirip2 dengn loksado yaahhh...hehehe

Kyaknya airnya lagi pasangbanget ya,bro. Tebingnya keren tuh. Kapan ya bisa ke sono?

@ Sulae : Iya, bro di Kalteng ga kalah seru ama Kalsel. hehehehe
@ Bloggendeng : lo ada uang langsung aja kesini, tar manusia biasa antar tenang aja. OK

bisa neeh,.. kapan kapan maeen,...

wah makin tambah seru aja neih objek wisata kalteng....selain bukit batu dan danau tahainya....hehehe...
hmmm susah juga deh...dulu kalau menuju kesana dulu bisa nyampe satu minggu baru nyampe ke Kasintu, Tewah...hehehe...maklum cuma naik klotok...tok..
makasih info wisatanya.

@ brigadista; tak tungguin yaaa
@ baburinix; tau juga tentang bukit batu dan danau tahai juga ya brooo... ga sampe 1 minggu kok kalo lewat darat tapi jalannya kaya naik bajaj. berlubaaannnggggg

Kayaknya butuh budget besar ya kalo pengin main ke situ..Kalo yg di palangka sendiri obyek wisata yg menarik ada kan?Kapan2 anterin ya.. ;D

bro aku tertarik bgt ama batu suli ini.kalo dr palangka raya arah mana?jalan mana yg harus diambil?naik motor bisa gak?brp jam?
bantu saya donk.pengen kesono nih.
main juga ke blog aku lah, di kalimantanku.blogspot.com
byk info n foto ttg petualangan aku di kalsel n kalteng.

atau mas bisa kasih jawaban aku diatas, di blog aku.aku tunggu lho..
makasih.

barusan tgl 28-30/11/2008 gue ke kalteng adventure pisan di batu suli..kayaknya masih perawan tuh batu..emang kagak boleh dipanjat..pengen balik ekspedisi rock climbing jadinya..belom ada jalur kah emang di batu suli..

bro itu di batu suli bukan kuburan amai rawa lho... yang benar amai rawang.. saya kelahira tumbang manange lho jadi tau sejarahnya...

@ anas: kalau dari palangkaraya jalan menuju kurun bro, kira2 4 jam kalau naik motor roda 2, dan 6 jam kalau naik roda 4. nah dari kurun lanjutin perjalanan ke tewah kira2 1,5 jam. Nah dari tewah ketumbang manange kira2 1 jam itu semua kalau lewat darat bro.

@bobhoss untuk panjat tebing disitu masih perawan dan belum ada yang berani melakukan tapi kalau untuk naik keatasnya silahkan datang aja ke sono langsung....... jalur untuk naik sudah ada kok.

@Anonim: iya bro ternyatha setelah saya liat tertinggal ketiknya bro. thanks atas kritikannya.

SUKA...!!!
waktu kmrn ksna,malah g tw yg mana batu suli'a...
mkch y...
skrg jd tw mana yg nama'a batu suli
tp aQ masuk k batu antang lho...
deg2'n bgt
poko'a SERU bgt de...
tp kt kai-Q,mereka wkt mch muda dulu,manjat'a lewat batu suli ko...

bahalap tutu info ah te pahari. Kasene kh dengan Rinto hg Tb. manange. alumni smu 4 palangkaraya. salam aka amn supa harian andau hindai. trims

Sebuah kawasan yang sangat menarik sekali dan luar biasa Indahnya. sangat menarik untuk berkungjung dan Berlibur di tempat wisata tersebut

Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
Informasi Seputar Indonesia

cocok buat yang suka olahraga arum jeram, tempatnya sangat strategis 😊 Kalteng masih ijo banget daerahnya sejuk 😍

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top