Terbaik

loading...

Permainan-permainan HUT Kemerdekaan RI

Balap Karung
Makna yang terdapat di dalam permainan ini adalah saat penjajahan, sebagian besar rakyat mengalami penderitaan sangat berat. Bahan pakaian diambil kaum penjajah, yang tertinggal adalah plastik, karet dan karung. Rakyat hanya menggenakan pakaian karung goni yang menimbulkan gatal-gatal di kulit sampai dengan saat kemerdekaan tiba, baru kemudian rakyat dapat berpakaian layak kembali.
Sebagai bentuk pelampiasan kekesalan terhadap penggunaan kain berbahan karung, maka rakyat menginjak-injak karung. Namun, ada makna lain di permainan balap karung yaitu betapa sulitnya berlari ketika kedua kaki terkungkung. Sejauh apapun melompat, tetap akan mengalami kesulitan akibat dihalangi. Terkadang bisa saja terjerembab. Hal itu pula, yang menyulitkan kemajuan bangsa Indonesia dalam kungkungan penjajah.


Tarik Tambang
Permainan tarik tambang memiliki makna persatuan dapat membantu mengalahkan lawan. Makna lain tarik tambang adalah bagaimana upaya menggapai suatu tujuan harus melalui tarik ulur secara keras. Tim yang kompak dan strategi yang tepat, akan mampu menarik tambang dengan mantap. Hal itu yang ditunjukkan dalam persatuan bangsa untuk menarik tambang kemerdekaan secara bersama-sama dari tarikan tambang penjajah.

Makan Kerupuk
Lomba makan kerupuk yang terikat pada seutas tali. Tingkat kesulitan pada lomba ini adalah kedua lengan tidak boleh memegangkerupuk atau tali alias disembunyikan di belakang pinggang. Kesulitan lain adalah tali gantungan kerap berayun akibat tarikan dari peserta lain. Permainan tersebut mengajarkan, betapa masyarakat saat penjajahan didera kesulitan sandang, pangan, dan papan.

Panjat Pinang
Lomba panjat pinang, kerap memancing tawa geli pononton. Pemanjat yang sudah mencapai ketinggian tertentu harus kembali merosot ke bawah. Mereka berupaya berkali-kali menggapai hadiah di ujung tiang batang pinang berlumur oli dan minyak. Tim pemenang baru berhasil setelah mereka saling bahu-membahu. Permainan tersebut menyiratkan makna, kebersamaan dalam satu tim untuk meraih kemerdekaan di ujung batang pinang. Jalan menuju kemerdekaan melalui perjuangan berat dan sulit. Banyak rintangan menghadang di perjalanan.

Memindahkan Belut
Sementara permainan memindahkan belut ke tempat lain, memiliki makna tersendiri. Betapapun sulit dan licinnya belut penjajah tetap harus diusir keluar dari Indonesia.
1 Komentar untuk "Permainan-permainan HUT Kemerdekaan RI"

Cara Isi komentar
jika punya ID/blog berikan komentar anda melalui:
Id Blogger, Open ID (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM), Nama/URL.

BAGI yang tidak punya website/Datang dari search engine seperti Google, yahoo!!!, blog-indonesia dll.
Silahkan gunakan pilihan Anonymous tapi ini tidak disarankan bagi yang punya blog!!!!!

Komentar yang mengandung unsru SARA akan dihapus oleh ADMIN. Terima Kasih atas kunjungan anda!!!!

Back To Top